Jogja Entrepreneur & Fintech Expo 2018

March 21, 2018 by Meisara Lingga Artarani 

Jogja Entrepreneur & Fintech Expo 2018
Bapak Sigit Dharmawan, Ketua KEF memandu acara Business Pitching. Pada Business Pitching tersebut, 14 Startup diberi kesempatan untuk mempresentasikan business deck mereka di depan investor.

Keluarga Alumni MMUGM Joglosemar (Kafegama MM DPD DIY & Jawa Tengah) bekerjasama dengan Kafegama MM Entrepreneur Forum (KEF) serta Innovative Academy (IA) mengadakan Jogja Entrepreneur & Fintech Expo 2018 (JEFE 2018) pada hari Sabtu, 10 Februari 2018 bertempat di Kampus FEB UGM , Yogyakarta. 

Acara yang dibuka oleh Bagus Panuntun, MBA,, CWM, CFP, CSA (Ketua Kafegama MM DPD DIY & Jateng) ini menghadirkan bapak Dr. Ir. Leonard VH Tampubolon (Deputy Menteri PPN - Kepala BAPPENAS Bidang Ekonomi) sebagai Keynote Speaker. Kemudian Prof. Dr. Sri Adiningsih (Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI) memberikan Economic Road Map 2018, Dr Sugeng (Deputi Gubernur Bank Indonesia) memaparkan mengenai Digitalisasi pembayaran, peluang, tantangan dalam mendukung Ekonomi digital (Investment Road Map 2018)

Acara kemudian dilanjutnya dengan pemaparan Business Road Map 2018 dari bapak Jan Darmadi BBA M.Sc (Senior Entrepreneur Jakarta Setiabudi International).

Bapak Adrian A. Gunadi, MBA (CEO & Founder Investree) memberikan pemaparan menarik mengenai Financial Technology Road Map 2018. Lanskap bisnis terutama bisnis credit usaha Dan personal loan yang sekarang sudah bisa diakses via online dengan persyaratan yang berbeda dengan pinjam di bank secara konvensional. 

Sebelum acara ditutup, bapak GNP Sugiarta Yasa, MBA (Presiden Direktur PT. Sarinah (Persero), BUMN Retail yang sedang menggeliat memberikan pemaparan bagaimana SME bisa survive di era Digitalisasi Pembayaran ini (SME & Retail Road Map 2018)

Pada kesempatan tersebut hadir Pula Bapak Hendro Wibowo (Head of Ecosystem Expansion TCash, PT. Telekomunikasi Selular) memberikan pemaparan bahwa saat ini hanya 60% orang di Indonesia yang memiliki rekening di bank. Orang Indonesia yang mempunyai hp 113%.  Ini Menjadi kesempatan. Besar bagi TCash, Fintech yang dimiliki oleh  Telkomsel untuk dapat menguasai pasar Fintech Indonesia. 

Pada kesempatan tersebut hadir Pula Bpk Yodhi Kharismanto, ST MBA (Amalan Internationa) memberikan pemaparan tentang bisnis management konsultasi hutang kartu credit. Pasar yang menjanjikan , Karena saat ini belum Ada produk online sejenis di Indonesia Dan belum adanya aturan baku Dari  Bank Indonesia Dan OJK membuat potensi pasar jadi semakin membesar. 

Pada sesi sore diisi dengan Business & Startup Pitching yang menghadirkan startup-startup muda berbakat yaitu : 
1. Pasienia
2. IWAK
3. Adsiconic
4. Galanggo
5. Majapahitech
6. Kost-kostan Ternak ( Culty Farm )
7. Mussy.co
8. Telpon
9. Easydoku
10. Caritutor.com
11. Uangkursus.com
12. Rumahdimana.com
13. Konsulife
14. Wemarry

Acara dibuka oleh bapak Gonang, Wakil Ketua Kadin DIY bapak Gonang D Juliastono.

Business & Stratup Pitching merupakan rangkaian program sebelumnya, Business Launch Meeting, sebagai wujud dukungan KAFEGAMA MM untuk program Inkubasi Bisnis UGM serta mempererat networking antar alumni MM dan UGM secara keseluruhan. 

Beberapa investor yg hadir mendapatkan kesempatan untuk mendalamai bisnis yg ditawarkan oleh Start Up UGM dan alumni, difasilitasi oleh KEF (Keluarga Alumni KAGEGAMA MM Entrepreneurship Forum).

JEFE 2018 juga menyelenggarakan EXPO fintech di selasar FEB UGM, diikuti oleh OVO dan TCash sebagai leading fintech di Indonesia.

Dixie Dining juga ikut meramaikan acara JEFE 2018, memaniskan hari dengan menyediakan menu has nya.